Rabu, 14 Maret 2012

kesehatan

Hati-hati Asam urat tinggi bisa sebabkan batu ginjal.
4 Cara mencegah Asam urat
1.      1.Hindari mengonsumsi makanan tinggi purin.
     Sebagian besar makanan memang mengandung purin.Disamping itu perlu juga dihindari makanan atau minuman yang menggunakan ragi,misalnya:roti,tapai,brem,apem,dan minuman beralkohol.
2.      2.Banyak minum air putih.
     Asam urat yang tidak terpakai oleh tubuh akan dikeluarkan melalui air seni,karena itu perbanyak minum air putih.Dengan minum,tentu akan sering buang air seni,sehingga kristal-kristal asam urat akan ikut terbuang.Dalam sehari usahakan minum minimal 2,5 liter air putih atau sekitar 10 gelas. 
1    3.Hindari terlalu lelah.
     Bagi orang yang pernah menderita asam urat tinggi,hindari kondisi tubuh terlalu lelah,sebab pada orang-orang tertentu,kelelahan membuat metabolisme tubuh terganggu sehingga kadar asam urat darah meningkat.
2.      4.Tidak sembarangan minum obat.
     Bila memiliki riwayat penyakit ginjal,jangan sembarangan minum obat.Sebab obat-obatan tertentu bisa mempengaruhi fungsi ginjal.Fungsi ginjal yang terganggu membuat metabolisme tubuh terganggu,jika itu terjadi asam urat dalam tubuh bisa meningkat. 
             Bahan makanan tinggi purin
     Sebagian besar makanan mengandung purin.Hanya kadar berbeda-beda.Ada yang tinggi tetapi ada yang rendah.Berdasarkan tinggi rendahnya kadar purin dibedakan tiga kelompok bahan makanan yakni,bahan makanan tinggi purin antara lain   usus ,hati,paru,jantung,pankreas,otak,babat,melinjo,kerang,kepiting,cumi-cumi,udang,kaldu dan sarden.
     Kemudian,bahan makanan sedang purin antara lain kacang tanah,kacang hijau,kedelai,kacang polong,buncis,kacang panjang,taoge,oncom,tempe,tahu,bir,tape, bayam,kangkung,daun singkong,asparagus,kembang kol,nanas,durian,brokoli,daging ayam,daging sapi,dan ikan. 
       Kelompok yang terakhir ialah makanan rendah purin antara lain telur,susu,keju,buah-buahan,padi-padian dan sayuran selain yang disebutkan di kelompok makanan sedang purin. (Lia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar