Minggu, 25 Maret 2012

BUNG TOMO BAKAR SEMANGAT PEMUDA SURABAYA

SURABAYA- Bung Tomo bakar semangat ribuan pemuda yang memadati lapangan Benteng Surabaya, Jumat (10/10). Dengan semangat berapi-api dan suara lantang ia menghimbau Pemuda Surabaya untuk membuktikan pada Tentara Inggris, bahwa Bangsa Indonesia benar-benar ingin merdeka.
Dalam orasinya Bung Tomo menegaskan, bahwa kita Bangsa Indonesia harus bersatu melawan penjajah. “ Pada pertempuran lampau, masyarakat Surabaya dan sekitarnya, pemuda Sumatra, pemuda Sulawesi, pemuda Aceh telah menunjukan satu pertahanan. Kini kita harus bersatu, agar kita sulit ditembus,” ujarnya seraya tangan mengepal ke udara.
Ribuan pemuda Surabaya semakin bersemangat ketika teriakan merdeka di lontarkan Bung Tomo. “ Kita ini bangsa yang besar, tundukkan Kompeni, kalahkan tentara Inggris. Kita harus menjaga kehormatan Bangsa Indonesia. Tunjukkan pada tentara Inggris, bahwa kita Bangsa Indonesia benar-benar ingin merdeka. Merdeka atau mati,” tegas Bung Tomo yang disambut teriakan merdeka Pemuda Surabaya.
Antusias pemuda Surabaya sangat tinggi. Hal ini terlihat ketika cuaca panas siang itu tak menjadi soal bagi mereka untuk tetap berdiri di lapangan hingga Bung Tomo usai berorasi. Orasi yang berlangsung satu jam itu, berjalan lancar dan aman. Ketika Bung Tomo selesai berorasi, masa bubar dengan tertip. (Ani_Praktek Jurnalistik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar