Sabtu, 17 Maret 2012

Akibat Tidak Ada Ekstrakurikuler untuk Siswa Berbakat


Tanjungpinang – Sekolah merupakan tempat siswa merasakan pendidikan. Karena orang yang berpendidikan adalah orang yang sekolah, dan yang tidak tentu sebaliknya. Itu slogan yang diketahui masyarakat umum saat ini.
Dalam aktifitas sekolah, siswa tidak hanya mendapatkan ilmu dalam bidang-bidang mata pelajaran. Tetapi ada sisi lain yang perlu dikembangkan oleh siswa, kemampuannya mengembangkan diri pada bidang yang ia kuasai, ini yang penting. Dalam ekstrakurikuler lah seluruh bakat siswa dapat tertuang.
Tampak di sudut Sekolah Swasta GPIB Tanjungpinang Kota, jam pulang sekolah merupakan waktu yang dinanti oleh sebagian siswa. Siswa yang selalu aktif menjelajahi langkah demi langkah lapangan sekolahnya itu hendak bermain bola kaki. Olahraga yang diminati oleh sebagian kaum laki-laki tersebut dilakukan oleh sekelompok siswa setiap harinya setiap pukul 12.30 WIB. Meski hari hujan mereka tak peduli, yang terlihat dari wajah-wajah polos mereka adalah semangat bermain bola.
“Kami setiap hari main bola.” Tutur Doli salah satu siswa kelas 5. “Sambil nunggu abang jemput, jadi masih sempat main bola.” Ujarnya. Siswa yang mengagumi klub Barcelona ini selalu membawa bola dari rumahnya setiap hari. Meski bola dari salah satu temannya pernah ditangkap, tapi ia memberanikan diri untuk membawa bola itu setiap hari dan memainkannya saat jam pulang sekolah.
Sekolah yang dikenal dengan nama gereja ayam ini, memang tidak memiliki kegiatan ekstrakurikuler. Padahal, ekstrakurikuler merupakan saat dimana guru dapat mengetahui kelebihan siswa diluar pelajaran. “Kekurangan dana, fasilitas, dan guru pembimbing yang membuat sekolah ini tidak mewujudkan keinginan siswa dalam hal pengembangan diri.” Tutur salah satu guru berinisial (SL) yang enggan disebutkan namanya. “Memang, pemerintah telah memberikan setiap triwulannya Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), tetapi tetap tidak dapat mencukupi kebutuhan sekolah yang begitu besar.” Tambah guru tersebut. (Ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar